Kamis, 04 Agustus 2016

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan Muncul Karena Hal Ini


Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan sakit pinggang sebelah kanan apalagi mereka yang usia sudah tergolong tua, tetapi untuk usia mudapun sama beresikonya sakit pinggang dapat terjadi. Ada beberapa penyebab yang dapat meningkatkan seseorang terserang sakit pinggang, maka dari itu ketahuilah penyebabnya dari sekarang.

Resiko sakit pinggang jika dibiarkan dapat beresiko pada penderita seperti akan mengalami cedera yang cukup parah seperti syaraf kejepit yang menyebabkan anda tidak bisa bergerak, kaku dan hanya bisa tiduran tanpa melakukan aktivitas apapun.

Tips Kesehatan : Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Diabetes

Berikut Adalah Beberapa Kondisi Yang Meningkatkan Seseorang Terserang Sakit Pinggang Sebelah Kanan

1.Penyempitan Tulang Belakang

Salah satu yang sering menjadi pemicu timbulnya sakit di pinggang sebelah kanan adalah penyempitan tulang belakang. Penyebab terjadinya penyempitan pada bagian ini adalah artitis yang terkait dengan kian bertambahnya usia seseorang. Sakit pinggang sebelah kanan yang dirasakan akibat kondisi ini biasanya akan kian menjadi saat beraktivitas  dan mereda saat penderitanya beristirahat.

2.Mengalami Masalah Penyakit Ginjal

Jika penderita memiliki masalah pada ginjalnya maka itu akan menimbulkan sakit pinggang sebelah kanan juga karena letak ginjal yang berada tepat di pinggang membuat bagian ini takkan bisa bebas dari rasa sakit saat ginjal mengalami masalah, adapun penyakit yang berhubungan dengan ginjal adalah ginjal akut, ginjal kronis, radang ginjal, gagal ginjal, kista ginjal, infeksi ginjal atau batu ginjal.

Jika ginjal bagian kanan yang menderita sakit, maka pinggang bagian kanan juga akan merasakan sakit, demikian juga sebaliknya. Biasanya, sakit yang menyerang pinggang dikarenakan penyakit di ginjal sudah akut atau kronis.

Tips Untuk Wanita : Cara Mudah Mengatasi Menstruasi Tidak Teratu

3. Mengalami Cedera Persendian Tulang Belakang

Persendian pada tulang belakang seseorang terutama bagian piringannya rentan cedera terutama saat usia semakin tua. Jika piringan sendi ini cedera, maka ia akan menekan syaraf yang ada di sekitarnya sehingga memunculkan rasa sakit. Cedera ini biasanya dirasakan saat seseorang mengangkat beban berat berlebihan. Sakit pinggang sebelah kanan yang diakibatkan oleh cedera ini bisa berlangsung hingga tiga hari.

4. Trauma pada otot

Layaknya otot di bagian lain, otot pada punggung juga bisa mengalami keseleo dan otot kaku. Gejala yang bisa menjadi pertanda terjadinya trauma jenis ini adalah kram otot dan kejang otot yang terjadi mendadak tanpa bisa dikendalikan. Kesulitan lain yang akan timbul akibat kondisi ini adalah terbatasnya aktivitas yang bisa dilakukan. Pinggang akan susah diajak kompromi saat hendak berjalan, berdiri, dan membungkuk. Olahraga terlalu keras bisa juga menjadi penyebabnya.

Kesehatan Anak : Cara Mengobati Penyakit Gondok Pada Anak

5. Linu panggul

Linu panggul bisa dirasakan oleh siapa saja yang mengalami tekanan atau iritasi pada syaraf siatik. Syaraf siatik merupakan syaraf dengan ukuran paling panjang dalam tubuh yang menjalar melalui punggung, panggul, bokong, hingga ujung kaki.

Rekomendasi : Obat Usus Buntu Tanpa Operasi

6. Empedu bermasalah

Empedu adalah bagian dari hati yang salah satu fungsinya untuk mencerna lemak dalam tubuh. Letak empedu ada di perut atas bagian kanan. Jika organ tubuh ini mengalami masalah, maka sakit yang ditimbulkannya mungkin saja bisa menjalar hingga ke pinggang sebelah kanan. Salah satu ciri sakit yang ditimbulkan terkait masalah di empedu adalah kian memburuknya rasa nyeri saat penderitanya makan. Penyakit yang sering terjadi adalah batu empedu.

Karena pinggang memiliki fungsi yang sangat vital dalam menunjang aktivitas tubuh, maka jangan pernah menyepelekan rasa sakit yang menyerang pada pinggang anda. Melihat penyebab sakit pinggang bagian kanan di atas, beberapa di antaranya bisa berakibat fatal jika dibiarkan mungkin bisa mengakibatkan cedera fatal sehingga anda tidak bisa beraktivitas.

Artikel Lainnya :

1. Cara Mengobati Benjolan Di Leher Secara Alami
2. Cara Mengobati Benjolan Di Belakang Telinga
3. Mengenali Penyebab Polip Hidun Dan Cara Mengatasinya
4. Cara Mengobati Luka Gangren
5. Masalah Kulit Eksim dan Gatal-gatal

Study : Berpikir Keras Selama 4 Jam Sehari Tak Baik buat Otak
Share this article with your friends

0 komentar:

Poskan Komentar